5 Langkah Perawatan Mobil Matic Agar Selalu Prima

f:id:totojo:20200824150921p:plain


Seperti yang kita ketahui bahwa menurut system persenelingnya, mobil dibedakan menjadi dua jenis, yaitu mobil matic dan mobil manual. Mobil manual adalah jenis mobil yang system persneling nya menggunakan tuas untuk yang berfungsi sebagai pemindah gigi. Sementara pada mobil matic untuk system persnelling nya tidak perlu menggunakan tuas untuk memindahkan dari gigi 1 ke gigi lainnya, karena tingkat pengaturan transmisi tingkat kecepatan sudah otomatis ketika anda melaju dengan menginjak pedal gas.

 

Di Indonesia memiliki tingkat penjualan yang sangat meningkat secara signifikan dalam penjualan mobil matic. Untuk saat ini banyak yang menggunakan dan banyak yang memilih mobil matic karena mobil matic adalah salah satu mobil yang sangat sederhana dan pengoperasian yang tidak sulit di bandingkan mobil yang manual.

Harus kalian ketahui juga bahwa kalian bisa mendapatkan kenyamanan dan kemudahan dalam mengendarai kendaraan, maka anda juga harus mengetahui perawatan apa saja yang harus kalian lakukan untuk mempertahankan keamanan dan kenyamanan. Berikut kami berikan 5 Langkah Perawatan Mobil Matic Agar Selalu Prima dan berumur panjang.

Selalu Panaskan Mobil

Memanaskan mesin mobil setiap hari sering menjadi hal yang disepelekan para pemilik mobil matic. Tujuan memanaskan mobil ini adalah mencegah pembekuan pada oli serta membuat semua system pada mobil bekerja dan berfungsi penuh. Untuk itu perlu bagi kalian pemiliki mobil untuk melakukan pemanasan mesin secara rutin.

Service Mobil Tepat Waktu

Service mobil adalah salah satu hal yang sangat penting. Tujuan dilakukan service mobil tepat waktu adalah agar mobil yang kita miliki tidak mudah bermasalah. Perlu kalian ketahui bahwa kenyamanan dan keamanan bisa kita dapatkan dengan melakukannya service mobil tersebut. Untuk itu sangat disarankan untuk para pemilik mobil melakukan service mobil tepat waktu sesuai dengan instruksi pada buku paduan.

Ganti Oli Mesin

Sebagai pelumas, tentunya oli sangat berperan penting untuk mesin mobil agar dapat berjalan serta berfungsi secara optimal. Seperti hal nya pada mobil matic. Selain service, pergantian oli mesin pun sangat dibutuhkan agar kalian dapat merasakan keamanan dan kenyamanan ketika berkendara. Apabila kalian mengabaikan terhadap hal satu ini, kerusakan pada sistem transmisi dapat menyerang mobil yang kalian miliki.

Untuk itu, gantilah oli mesin setiap jarak tempuh sudah mencapai 80.000 km sampai 100.000 km. Nikmati kenyamanan dan keamanan berkendara dengan mobil matic dengan oli yang selalu baru. Memilih oli mesin pun jangan asal, pakailah oli khusus mobil matic.

Pergantian Oli Transmisi

Tidak hanya oli mesin saja, sebagai pemiliki mobil matic, kalian harus perhatikan juga oli transmisi dalam perawatan mobil jenis matic ini. Seperti yang kita ketahui bahwa mobil matic minimal 25.000 km dan berada di angka maksimal 50.000 km maka sudah diwajibkan mengganti oli transmisi. Kalian bisa memakai pelumas transmisi yang sudah dianjurkan oleh produsen mobil. Jenis pelumas yang sering kalian pakai, berat atau ringan nya saat anda melakukan kendaraan maka ini adalah salah satu waktu penggantian oli pelumas yang bisanya di pakai. Lagi – lagi kalian diharuskan mengikuti aturan yang tertera pada buku paduan mobil yang kalian miliki.

Cek Valve

Para pemiliki mobil matic harus tahu nih bahwa mobil matic sering mengalami kerusakan pada gasket transmisi seperti kebocoran gasket transmisi atau kerusakan gasket transmisi. Oleh karena itu kalian sebagai pemilik kendaraan harus mengecek secara dini. Kendaraan yang memiliki tipe manual maka sangat berbeda dengan kendaraan matic. Untuk mobil matic bisa mengalami velve rusak dan velve bocor, maka ini bisa terjadi saat pemindahan tuas yang keras dan sentakan gas.